Selamat datang di blog saya yang sederhana ^-^

Masalah-masalah pada flashdisk dan cara mengistal ulang flashdisk

Ada banyak masalah pada FD. Ini disebabkan karena registry termakan virus atau penggunaan yang yang tidak teratur. Sebagai anak TKJ (Teknik Komputer & Jaringan) kehadiran FD sangat penting. Lalu ketika FD saya satu-satunya rusak saya pusing tujuh keliling. Surfing ke internet juga saya lakukan. Dan suatu saat membuahkan hasil. Saya menemukan cara bagaimana mengistal ulang FD. Tapi, kita lihat dulu kerusakan FD kita. Apakah kerukan pada software atawa hardware nya. Yang biasa kita isntal ulang hanya pada kerusakn pada registry(software). Di bawah ini masalah yang bisa kita pecahkan dengan install ulang.
1.     Flash Disk Tidak Bisa di Format
Kemaren waktu saya coba nyimpen data di flash disk tiba tiba aja ada message box kaya gini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgydNBXqN6jXeeTBFATGDE8LioI5xfxhSRriiOI7ryFNlOv4kC3W7KOEemAB8gnmbJndJXxMOcVD4rHfurJUwPWzsoEVNRuuORu3Fhqb23nMOyCTSFZ3TvC_ucpFV6kkDvf1mnzE4uo0pw/s400/error.JPG
pertamanya kaget juga"kenapa nih?"akhirnya saya putuskan gak jadi nyimpen di flash disk,terus saya coba hapus filenya eeeh gak bisa juga, dalam hati saya"wah paraah nih". Akhirnya saya putusin mau diformat aja flash disknya mungkin kena virus.Ternyata gak BISA DIFORMAT!! waduh gimana nih masa ini flash disk mau saya buang? sempat berpikir sejenak akhirnya saya putusin cari info aja di google. dan hasilnya ketemu artikel semacam ini:

Pengetahuan pada artikel kali ini adalah :

* Flash Disk mengalami Write Protect Error
* Anda tidak dapat membuang file atau memasukan file ke dalam Flash Disk
* Upaya melakukan format pada Flash Disk mendapatkan pesan Write Protect
* Flash Disk terkadang mengalami hal yang sama bila digunakan oleh computer berbeda. Dan tetap tidak dapat digunakan oleh computer anda, walaupun terkadang dapat bekerja pada computer lain

Pesan ditampilkan pada Windows XP :

Pada pesan pertama, pesan muncul ketika dilakukan format

Pesan ke 2 ketika file lakukan write file atau memindahkan file ke flash disk

Pesan ke 3 adalah pesan lainnya ketika flash disk dimasukan data dari harddisk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0ygj4scKlZJhMaSBdMyzF4F9MV5ybe92M5cfNunQKy0YCKwPauAKH2z64EtfaROD9t9x3s-M48u0YklURxrjjt8-vIHr-mKbITlz1CTN91F0W6GTz-oIJythTwNeEUR-fHv8fQfhN3IQ/s320/flashdiskwriteprotect1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfG1y-s4tRkBXBIvr-wdlFI5LQDb81hFasIDkcBk-T6JisfES5ECIvvrVbhqeZj5aT5yQ2a7HZkcXGCtb1-qYVeVe4BTu8Cy4CurA1AhavLrC-YWfWFWeNGzJUycZVYBuvlJlOpZv0MOs/s320/flashdiskwriteprotect2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcqF7qFJm4RbOgqP_Z8zRzzXwR1L1gIGXHVZxOuXu9_A-kuJNAMHGgH3U5TqV63VpM4JZrIrYl-sZ4Ry0d7fMg2n0J6fIB6ekXIg8XhksxB_TYhXtzeIOHc8-HsmfbvYm88tNhlFkLG_c/s320/flashdiskwriteprotect3.jpg 
2.   Flash Disk yang tiba-tiba mati
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e2/Usbkey_internals.jpg/350px-Usbkey_internals.jpg
Pernakah kamu mengalami kejadian seperti ini:

“Saat flash disk tertancap di komputer win XP, sedang dipakai namun tiba-tiba windows hank alias frozen. Setelah komputer di booting paksa dan di hidupkan lagi, ternyata flash disk yang tertancap tadi mati. Falsh disk tidak bisa bekerja lagi. Windows mendeteksi kapasitasnya 0 MB dan mengeluarkan pesan untuk memformatnya. Dicoba untuk di format gagal juga. Akhirnya gak terpakai lagi deh tuh Flash disk”

3.   Flashdisk tidak terbaca
Masalah yang cukup sering dijumpai dalam penggunaan USB flash disk adalah tidak terdeteksinya perangkat tersebut oleh Windows. ini antara lain ditandai dengan tidak munculnya ikon "removable hardware" pada system tray. Tanda lain adalah tidak adanya drive USB flash disk di Windows Explorer.
Masalah ini cukup sering dijumpai pada komputer yang penggunaan sumber daya sistemnya (apalagi RAM) cukup tinggi sehingga pendeteksian keberadaan perangkat baru menjadi terganggu.

masalah_masalah di atas bisa langsung di pecahkan dengan syarat FD tersebut yang rusak hanya softwarenya, jadi kita dapat mengistal ulang . Caranya  sebagai berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsklR9g8ACLy86dLElPc3n1Hipg9-tx5qvdLgVIIMGL5Opm5i-_aTWa95W96UQI8kN8-rFySevXPMHmE7lfOnRQFY61pBCtpnzhWjUSxBYQy3ZEDn0TmbPBTKyfX0Y5bag4yo-N68W06IH/s1600/o_P279279.jpg
1.      Catatlah kode pada IC yang akan kita perbaiki. (lihat gambar dibawah ini)
pada IC terdapat kode-kode IC itu sendiri.
contoh : FD KINGSTON  4GB  (kode IC)  SSS6690
  FD KINGSTON  8GB  (kode IC) SSS6691                                      
            FD NEXUS 4GB (kode IC) UT165

2.      buka situs andalan saya yaitu  www.flashboot.ru . situs ini berasal dari Russia, jadi  bahasa yang di gunakan dalam situs ini pun berbahasa Rusia, tapi tenang gk usah kursus dulu. saya kasih tau mana-mana yang harus kita klik. karna percuma saja bila kita menggunakan google translate atau yang lain ke bahasa Indonesia karna tidak akan diterjemahkan secara detail atau lengkap. jadi ikuti saja langkah di bawah ini.


3.      klik www.flashboot.ru. setelah masuk ke situs utama klik menu file. (lihat gambar)
      
4.      setelah masuk ke menu file langsung saja masukan kode IC FD yang anda cari ke kotak searching. karna lebih cepat dan akuarat.
5.      setalah anda temukan jangan lupa download, dan ikuti saja langkah-langkah yang ada seperti biasa mendownload.
Dan bila anda belum bisa memecahkan masalah silahkan anda coment di bawah posting ini pasti saya akan jawab keluhan anda dan untuk penginstalan akan saya jelaskan pada postingan yang berikutnya.
BILA ANDA INGIN MENG-COPAS POSTINGAN INI HARAP SERTAKAN SITUS INI ATAU NARASUMBER


0 komentar:

Posting Komentar

free counters

Sudah Mampir Sebanyak...

hit counter

Jam Cink....!!!!

Menu Underground

Pengikut